AktivitasBerita KampungPerkotaan

Donasi Posko Sulteng Bergerak dan Tim Tanggap Bencana

Menanggapi bencana gempa dan tsunami yang menimpa beberapa kota di Provinsi Sulawesi Tengah, Walhi Kalimantan Tengah membuka Posko Sulteng Bergerak mengikuti gerakan di nasional. Posko yang telah dibuka sejak tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober 2018 disambut baik oleh masyarakat sekitar Kota Palangka Raya yang ingin berpartisipasi membantu korban-korban bencana di Sulteng.

 Posko dibuka untuk donasi berupa uang, pakaian layak pakai, selimut, obat-obatan, kebutuhan bayi, kebutuhan perempuan, dan juga tenda. Sampai pada hari terakhir, posko telah menerima lebih dari 3000 item barang.

Semua barang donasi yang diterima oleh posko harus melewati proses pengecekan terlebih dahulu. Barang yang lolos proses pengecekan kemudian disimpan di tempat penyimpanan sementara. Sedangkan khusus untuk pakaian dan selimut dilanjutkan dengan proses laundry di tempat yang sudah sesuai dengan standar kelayakan.

 

 

 

 

 

Semua barang donasi yang diterima oleh posko harus melewati proses pengecekan terlebih dahulu. Barang yang lolos proses pengecekan kemudian disimpan di tempat penyimpanan sementara. Sedangkan khusus untuk pakaian dan selimut dilanjutkan dengan proses laundry di tempat yang sudah sesuai dengan standar kelayakan.

Obat-obatan yang sudah kadaluarsa terpaksa harus dibuang. Untuk pakaian yang dianggap kurang layak akan diloak, dan hasilnya akan kemudian didonasikan ke posko di nasional. Sementara itu, posko juga menerima beberapa kardus mi instan. Karena posko tidak bisa menyalurkan bantuan berupa mi instan, maka Walhi Kalimantan Tengah mengganti mi instan dengan uang yang senilai untuk kemudian didonasikan sebagai donasi uang. Terkait hal ini, tim juga telah berkomunikasi dengan donatur yang bersangkutan dan menerima persetujuan.

Karena banyaknya jumlah pakaian yang harus di laundry, sampai saat ini proses laundry masih berlanjut. Tim belum bisa menyalurkan bantuan berupa barang sampai semuanya siap. Namun, untuk donasi berupa uang telah disalurkan melalui Yayasan Walhi. Donasi uang juga merupakan hasil penggalangan dana.

Selain membuka posko, Walhi Kalimantan Tengah juga melakukan penggalangan dana bersama Tim Tanggap Bencana. Tim Tanggap Bencana terdiri dari mapala di Kota Palangka Raya, yakni Comodo Mapala FEB UPR, Mapala Dozer FT UPR, Mapala Sylva, Sispala Linggar Enggang MAN Palangka Raya, Spala Antang Batarung SMADA Palangka Raya.

 

 

 

 

 

 

Penggalangan dana dilakukan selama empat hari, dari tanggal 2 sampai dengan 5 Oktober 2018. Lokasi penggalangan dana adalah beberapa titik lampu merah di Kota Palangka Raya.

Selama kegiatan penggalangan dana, tim juga membagikan masker kepada pengendara yang lewat khususnya anak-anak dan pelajar. Bantuan masker diterima sebagai donasi dari Indonesia Bebas Bernapas dan Kedai Filantropi (Jl. Yos Sudarso Palangka Raya).

Gabungan dari seluruh hasil penggalangan dana oleh Tim Tanggap Bencana dan donasi melalui posko telah disalurkan melalui beberapa kali transfer. Dokumen detail donasi uang dan barang, serta bukti transfer dapat diunduh di bawah postingan ini.

Total donasi uang yang sudah berhasil dikumpulkan melalui posko, penggalangan dana, serta penggantian mi instan adalah sebesar Rp 19,349,800. Sedangkan total bantuan berupa barang mencapai 3.083 item.

Walhi Kalimantan Tengah mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada para sahabat dan kawan yang terlibat sebagai tim dan masyarakat Kota Palangka Raya yang telah penuh kasih membantu berlangsungnya seluruh kegiatan posko. Semoga doa dan niat tulus kita dapat meringankan sedikit beban para korban yang tertimba bencana di Sulteng.

Salam adil  & lestari!

Unduh dokumen (pdf)

Donasi Barang Donasi Uang Bukti Transfer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *