Siaran Pers

POLRI Tindak Tegas Penebangan Liar di Desa Tumbang Manggu!

Palangka Raya, 17 November 2020

Walhi Kalimantan Tengah, Rumah Gerakan Lingkungan Hidup di Kalimantan Tengah, mengutuk aktivitas ilegal penebangan kayu yang beroperasi tanpa izin di Desa Tumbang Manggu, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Walhi Kalimantan Tengah berdiri bersama masyarakat Desa Tumbang Manggu yang mendukung Bareskrim Mabes Polri dalam penertiban operasi penebangan liar di Desa Tumbang Manggu.

Pada Jum’at, 13 November 2020, sejumlah aparat penegak hukum dari Bareskrim Mabes Polri melakukan penertiban dengan menyegel lokasi dan menyita barang bukti berupa ratusan truk bermuatan kayu beserta alat berat. Penebangan liar di Desa Tumbang Manggu melibatkan ratusan orang pekerja yang berasal dari luar daerah sejak 2015.

Menurut berita Kompas tanggal 16 November 2020, penebangan dilakukan secara ilegal tanpa izin dengan menggunakan kawasan hutan produksi milik Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) dan izin kawasan hutan kemasyarakatan milik pihak lain. Operasi penebangan liar tersebut mendapatkan penolakan keras dari masyarakat di Desa Tumbang Manggu, tapi justru masyarakat mendapatkan intimidasi dan ancaman. 

Dalam pernyataan sikap yang ditandatangani pada Sabtu, 14 November 2020, masyarakat Desa Tumbang Manggu menyatakan mendukung penuh kegiatan penertiban illegal logging (penebangan liar) yang dilakukan oleh pihak Bareskrim Mabes Polri di wilayah Desa Tumbang Manggu. Masyarakat juga membantah adanya kabar bahwa masyarakat menghalang-halangi proses penertiban yang dilakukan aparat dengan melakukan aksi atau penghadangan.

Tindakan hukum yang tegas harus dilakukan terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab atas aktivitas ilegal tersebut agar menciptakan penegakan hukum dan keadilan. Walhi Kalimantan Tengah menyerukan penyelidikan independen dan transparan atas kasus penebangan liar di Desa Tumbang Manggu.

Kami mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah untuk turut mendukung masyarakat Desa Tumbang Manggu dan penegakan operasi penebangan liar di Desa Tumbang Manggu oleh Bareskrim Mabes Polri.

STOP deforestasi!

Salam adil dan lestari!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *