/** */
Berita Kampung

Konsultasi Daerah Lingkungan Hidup (KDLH) Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Kalimantan Tengah Tahun 2021

“Konsolidasi Walhi untuk Mendorong Keadilan Ekologis di Kalimantan Tengah”

Walhi Kalimantan Tengah merupakan salah satu organisasi lingkungan yang besar di Kalimantan Tengah. Sejak pendiriannya, Walhi tetap konsisten dalam advokasi lingkungan dan HAM yang tetap mengedepankan pendekatan yang bersifat humanis dan memegang prinsip-prinsip penghormatan terhadap hak asasi manusia sebagai langgam kerja yang selalu dijunjung tinggi Walhi dalam setiap aktivitasnya, serta mengambil keberpihakan yang jelas terhadap kelompok masyarakat yang terpinggirkan.

Sebagai organisasi yang dibangun dengan seperangkat aturan, Walhi menyadari betul setiap aturan yang dibangun dalam organisasi adalah baik adanya untuk mengatur ritme gerakan sehingga tercapai sistem kerja yang harmonis. 

Konsultasi Daerah Lingkungan Hidup (KDLH) merupakan forum pengambilan keputusan yang dilakukan 1 (satu) tahun sekali yang dilaksanakan oleh  Walhi daerah untuk mengambil keputusan tertinggi setelah PDLH/PDLH-LB dalam hirarki kebijakan organisasi tingkat daerah. 

Serta pada momen ini juga menjadi proses untuk melakukan evaluasi dan perencanaan pelaksanaan program dan keorganisasian selama 1 tahun. KDLH bisa dimaknai sebagai ajang untuk koordinasi dan evaluasi internal Walhi yang digelar dengan keterlibatan penuh seluruh komponen, baik anggota individu, organisasi anggota, dewan daerah dan eksekutif daerah.

Sehingga momen ini penting untuk keberlanjutan langkah gerakan advokasi – advokasi Walhi Kalimantan Tengah kedepan. Secara mendalam dan kritis praktek yang selama ini dijalankan oleh Walhi Kalimantan Tengah akan dinilai sehingga menghasil rekomendasi-rekomendasi yang konstruktif untuk terus memperkuat dan memperkukuh upaya Walhi dalam membangun gerakan penyelamatan lingkungan hidup dalam mewujudkan keadilan ekologis di Kalimantan Tengah.

Setelah sempat tertunda karena pandemi Coronavirus Disease (COVID-19), Walhi Kalimantan Tengah akhirnya dapat menyelenggarakan KDLH di tahun 2021. KDLH Walhi Kalimantan Tengah 2021 diselenggarakan di Kota Palangka Raya selama dua hari, pada 28 – 29 Juni 2021. KDLH 2021 mengangkat tema “Konsolidasi Walhi untuk Mendorong Keadilan Ekologis di Kalimantan Tengah.”

Situasi pandemi mengharuskan penyelenggaraan dilakukan agak berbeda dengan beberapa penyesuaian. KDLH diselenggarakan secara hybrid, gabungan sistem daring dan luring. Sebagian anggota Walhi Kalimantan Tengah yang terdiri dari anggota individu dan perwakilan organisasi anggota melaksanakan KDLH secara langsung di lokasi KDLH, sedangkan sebagian lainnya bergabung melalui ruang Zoom Walhi Kalimantan Tengah. 

Seluruh peserta KDLH juga harus menerapkan protokol kesehatan. Meskipun situasi pandemi memberikan tantangan tersendiri bagi penyelenggaraan KDLH, tapi seluruh agenda dapat berjalan cukup efektif untuk mencapai tujuan-tujuan kegiatan. Salah satu hasil keputusan forum adalah menyelenggarakan Pertemuan Daerah Lingkungan Hidup (PDLH) Walhi Kalimantan Tengah di tahun 2022 mendatang.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *