Laporan Kebijakan “Menyelesaikan Konflik Kelapa Sawit di Kalimantan Tengah: Evaluasi terhadap Efektifitas berbagai Mekanisme Resolusi Konflik”
Publish: Unduh
Deskripsi:

Laporan kebijakan ini disusun oleh tim peneliti yang tergabung dalam proyek penelitian ‘Palm Oil Conflict and Access to Justice in Indonesia’ (POCAJI). Penelitian ini merupakan hasil kolaborasi skala besar antara Universitas Andalas, KITLV Leiden, Universitas Wageningen serta enam LSM Indonesia (Epistema Institute, HuMa, Lembaga Gemawan, Scale Up, Walhi Sumatra Barat dan Walhi Kalimantan Tengah), dikoordinasi oleh Prof. Afrizal (Universitas Andalas), Prof. Ward Berenschot, Dr. Ahmad Dhiaulhaq (keduanya dari KITLV Leiden), dan Prof. Otto Hospes (Universitas Wageningen). Didukung oleh organisasi-organisasi ini, tim yang terdiri dari total 19 peneliti mempelajari 150 kasus konflik di empat provinsi di Indonesia: Riau, Sumatra Barat, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Laporan kebijakan ini menyajikan usulan untuk meningkatkan mekanisme penyelesaian konflik kelapa sawit di Kalimantan Tengah, berdasarkan hasil dari kolaborasi besar untuk mempelajari trajektori dan hasil dari konflik antara perusahaan dan masyarakat di sektor kelapa sawit di Indonesia. Sebuah tim yang terdiri dari 19 peneliti yang didukung oleh Universitas Andalas, Universitas Wageningen, KITLV Leiden dan enam LSM di Indonesia telah mendokumentasikan trajektori dan hasil dari 150 kasus konflik di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Riau dan Sumatra Barat. Laporan kebijakan ini berfokus pada 45 kasus konflik yang diteliti di Kalimantan Tengah.