/** */
Berita Kampung

Pemutaran Film dan Diskusi: Ekspedisi Indonesia Biru SEXY KILLERS a documentary

Batubara adalah arang yang diambil dari dalam tanah dan berasal dari tumbuhan darat, tumbuhan air, dan sebagainya yang telah menjadi batu. Batubara sendiri merupakan bahan bakar fosil di Indonesia, batubara dijadikan bahan bakar untuk sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Selain menjadi bahan bakar PLTU, batubara juga merupakan komoditas ekspor nomor satu Indonesia, yang menempatkan Indonesia sebagai penghasil batubara ketiga terbesar di dunia.

Sexy Killers merupakan film dokumenter terbaru rumah produksi WatchDoc yang dengan sangat rinci menarasikan bagaimana sumber energi batubara menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya dalam menyuplai tenaga listrik. Ditengah kebutuhan listrik yang semakin meningkat, pemenuhan tersebut diisi dengan adanya eksploitasi sumber daya alam yang semakin masif di Indonesia. Namun secara tidak langsung dan tidak disadari oleh banyak pihak termasuk Pemerintah bahwa sumber energi tersebut telah menjadi “pembunuh” bagi banyak orang, terutama kelompok miskin dan pedesaan.

Selain menceritakan mengenai batubara, mulai dari masalah akibat pertambangan batubara, proses distribusinya, dan proses pengolahannya, film dokumenter ini juga membahas terkait oligarki, penguasaan oleh segelintir orang/kelompok kecil, tambang batubara di lingkaran politisi pada kedua pasangan calon presiden Republik Indonesia yang akan bertarung pada Pemilihan Umum tahun 2019 ini. Sexy Killers secara detail membuka pemain kunci dalam industri batubara yang memainkan peranan penting dalam bursa pemilihan presiden 2019, baik dari tim kampanye Joko Widodo – Ma’ruf Amin maupun Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Para calon dan tim inti kampanye berbisnis dan terkait dengan sektor batubara.

Film ini menjadi sangat penting dan perlu untuk ditonton serta diskusikan bersama seluruh elemen masyarakat. Melalui film ini masyarakat akan melihat sudut pandang baru terkait dampak adanya investasi pertambangan batubara di Indonesia, serta peran penting beberapa oknum pengusaha dalam setiap sektor dan politik di Indonesia. Apalagi film Sexy Killers besutan Watchdoc ini juga mengangkat harga yang harus dibayar akibat berdirinya proyek pertambangan batubara di beberapa wilayah di tanah air.

Disisi lain, penting untuk diperhatikan bahwa sebentar lagi kita akan menghadapi Pemilu serentak untuk memilih calon eksekutif dan legislatif di Indonesia (Presiden – Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten). Setelah menonton film ini, masyarakat diharapkan mampu lebih peka terhadap isu yang menjadi salah satu topik utama permasalahan bangsa saat ini. Sehingga nantinya dapat lebih selektif dan cerdas dalam memilih dengan melihat kinerja dan rekam jejak para kandidat wakil rakyat.

Maka dari itu, WALHI Kalimantan Tengah mengundang kawan-kawan untuk bergabung dalam pemutaran film dan diskusi Ekspedisi Indonesia Biru SEXY Killers a documentary pada Sabtu, 13 April 2019 pukul 18.00 WIB sampai selesai di Kantor WALHI Kalimantan Tengah (Perum BULOG Jl. RTA Milono KM 3 No. 128 Palangka Raya).

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *