/** */
Berita Kampung

Pendidikan Kader Walhi Tingkat 1 Tahun 2021

Walhi Kalimantan Tengah merupakan bagian dari Walhi Nasional dan Friends of the Earth International. Walhi Kalimantan Tengah bekerja untuk mendorong penyelesaian konflik tenurial, serta mempromosikan keadilan agraria melalui kerja-kerja advokasi, baik secara litigasi maupun non litigasi. 

Dalam menjalankan kerja-kerja advokasinya, Walhi Kalimantan Tengah juga didukung oleh anggota lembaga dan individu. Saat ini, Walhi Kalimantan Tengah memiliki 62 anggota individu dan 8 anggota organisasi (NGO dan OPA) yang tersebar hampir di seluruh kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah. Oleh sebab itu, pengembangan dan peningkatan kapasitas anggota dipandang penting untuk dilakukan agar dapat mengoptimalisasi peranan anggota Walhi Kalimantan Tengah dalam melakukan penanganan kasus-kasus di masyarakat.

Pendidikan Kader Walhi (PKW) menjadi agenda rutin tahunan Walhi Kalimantan Tengah. Namun, situasi pandemi COVID-19 menyebabkan tidak memungkinkan pelaksanaan PKW pada 2020. Barulah pada tahun 2021, PKW 1 dapat dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. PKW 1 merupakan pendidikan dasar yang memberikan pengetahuan tentang Walhi dan gambaran mengenai kondisi lingkungan hidup.

Sebanyak 16 (enam belas) peserta yang berasal dari anggota individu dan organisasi anggota, serta masyarakat dari komunitas dampingan mengikuti PKW 1 Walhi Kalimantan Tengah. Peserta terdiri dari 11 (sebelas) orang laki-laki dan 5 (lima) orang perempuan. Sebelum penyelenggaraan kegiatan, para peserta difasilitasi untuk melakukan tes antigen di Rumah Sakit terdekat.

Kegiatan yang dipimpin oleh Departemen Penguatan organisasi dan Pendidikan tersebut berlangsung selama 4 (empat) hari dari tanggal 23-26 Maret 2021 di Sekretariat Walhi Kalimantan Tengah. Kegiatan diisi dengan sejumlah sesi kelas intensif dan sesi praktek. Pada hari terakhir, kegiatan ditutup dengan acara nonton bareng dan diskusi Film Dokumenter terbaru Walhi Kalimantan Tengah, Fool Estate.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *